Senin, 10 Oktober 2011

Study Kasus Cafe Canai Mamak

Tugas Kelompok Oleh :
Dewi Ratna Sari
Devi Lestari Handayani
Febri Santi
Henny Wahyuni
SURVEI LANGSUNG KE :
CAFE CANAI MAMAK..?
Cafe Canai Mamak adalah salah satu warung tempat tongkrongan anak muda yang sudah ternama di kota Banda Aceh.  Disamping menyediakan WIFI, warung ini bercirikan khas makananan ala India yang terkenal dengan nama Roti Canai.   Selain itu itu warung canai mamak ini menyediakan berbagai ala masakan mie goreng dan minuman seperti kopi, es the tarik dan berbagai macam minuman jus buah.  Anak-anak muda biasa meluangkan waktu di sini, mulai dari siang hingga malam hari. Selain menikmati makanan ala rotinya anak muda biasanya juga menghabiskan waktu luangnya dengan menikmati minuman seperti kopi ala canai mamak.   Disini  mereka melakukan berbagai macam aktivitas salah satunnya internetan yang pada akhir-akhir ini merupakan salah satu yang sedang berkembang dan menjadi tren aktivitas dari anak muda masa kini.
Adapun yang dilakukan berkenaan dengan hal ini ada  beberapa yang dilakukan berkaitan dengan anak muda serta perilakunya yang berbeda-beda pada masa kini diantaranya:
§  duduk sambil chating internetan dengan secangkir kopi, sedapnya….!!!
§  menghabiskan waktu di warung ini dengan tujuan sekedar iseng untuk ngobrol yang bahasa kerenya tongkrong atau nongkrong
§  melepaskan kepenatan dan lelah setelah seharian beraktifitas ataupun kerja
§  dan membahas masalah materi kuliah ataupun pekerjan rumah (PR) kuliah hingga masalah bisnis 
§  hingga membahas masalah pertemanan dan jodoh, hemmmm!!!!...
Gaya hidup seperti inilah yang lagi marak dilakukan oleh kalangan anak muda sampai ketingkat eksekutif ataupun bisnisman, apalagi warung ini menyediakan khusus bebas WI-FI untuk surfing Internetan sehingga anak-anak muda lebih leluasa untuk melakuakan apa yang menjadi tujuan mereka.
Dari hasil hasil pantaukan kami  menunjukkan bahwa warung Canai Mamak ini tidaklah pernah sepi akan pengunjungnya karena disini nampak akan keberagaman budaya masyarakat kota banda Aceh sebagai konsekuensi yang berbudaya dan kota Pendidikan yang sangat mempengaruhi kehidupan sosial budaya masyarakatnya.   Masyarakat yang heterogen tersebut, memunculkan kondisi sosial masyarakat dengan fenomena akulturasi kebudayaan.  Anak-anak muda atau komunitas warung Canai Mamak merupakan anak-anak muda yang berasal dari daerah seputar kota banda aceh yang berada dalam fase pencarian identitas diri dengan menggunakan warung yang bisa internetan sebagai sarananya.  
Berdasarkan hasil temuan kami, komunitas warung Canai Mamak dalam segala aktivitas dan perilaku yang menunjukkan hendaklah bersifat positif dan terbuka.   Bagi masyarakat sebaiknya tidak selalu memandang suatu yang negatif terhadap suatu warung seperti warung Canai Mamak  dan komunitasnya ini.  Harus kita fahami bahwa budaya yang dibawa oleh komunitas Warung Canai mamak  adalah bagian dari keanekaragaman budaya bangsa Indonesia.  Institusi pendidikan diharapkan dapat lebih meningkatkan masalah pembekalan terhadap penguatan nilai dan norma budaya dalam membangun dan pengembangan diri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar